Free downloads software, games and other files free for you

Free blog template

Ilmu Pengetahuan Sosial

a . R.A Kartini (Part ke satu )
Raden Ajeng Kartini adalah puteri dari bupati jepara RM Ario Sosroningrat . Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Mayong , Kabupaten Jepara , Jawa Tengah , pada tanggal 21 April 1879 . Raden Ajeng Kartini adalah pelopor emansipasi wanita Indonesia . Ia bercita - cita mengangkat derajat kaum wanita Indonesia melalui pendidikan agar mereka mendapat hak dan kecakapan yg sama dengan kaum pria . Keinginannya untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi tidak diizinkan orang tuannya . Sesuai adat istiadat pada waktu itu , ia harus menjalani masa pingitan sampai waktunya menikah .
Salah satu kegemaran Kartini ialah membaca , terutama buku - buku mengenai kemajuan wanita di luar negeri . Dengan membaca majalah maupun buku , maka pikiran Kartini menjadi terbuka . Ia dapat membandingkan kemajuan wanita wanita Eropa dengan wanita wanita Indonesia
Sejak itu , timbul niatnya mendirikan sekolah bagi kaum wanita . Pada saat yg sama ayahnya memutuskan ia menikah dengan Raden Adipati Djoyodiningrat , bupati rembang .

BERSAMBUNG

No comments for "MAPEL"!

Leave a Reply